Belajar Bersama Maestro sebagai Wujud Nyata Pendidikan Karakter

0
382

Jakarta – Sebanyak 300 pelajar dari berbagai SMA se-derajat di Indonesia berkumpul di Hotel Merlyn Park, Jakarta dalam rangka malam pembekalan Program Kegiatan Belajar Bersama Maestro 2017 (10/7). Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, Direktur Kesenian, Restu Gunawan, serta para maestro yang terlibat dalam program ini turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam laporannya, Restu Gunawan mengatakan bahwa jumlah partisipan BBM 2017 meningkat dari tahun sebelumnya.

“Pada pelaksanaan Program Belajar Bersama Maestro 2017, jumlah maestro yang terlibat berjumlah 15 maestro dengan 300 peserta yang berhasil mengalahkan 1278 pendaftar lainnya. Mereka akan belajar di rumah maestro masing-masing yang tersebar di 8 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan,” lapor Restu Gunawan.

Di sisi lain, Hilmar Farid menyampaikan bahwa Program Belajar Bersama Maestro merupakan contoh nyata dari program Pendidikan Karakter.

 

“Salah satu wujud nyata dari program Pendidikan Karakter yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah dengan kegiatan Belajar Bersama Maestro. Kegiatan ini merupakan upaya strategis untuk penguatan jati diri dan pembangunan karakter bangsa melalui pembelajaran seni dan budaya di luar pelajaran akademis di sekolah. Dengan ini, karakter anak bangsa menjadi lebih kuat dan hebat,” ujar Hilmar Farid.

Program Belajar Bersama Maestro 2017 akan dilaksanakan pada 11 – 23 Juli 2017. Sama seperti pelaksanaan sebelumnya, para peserta akan dilatih, tidak hanya mengenai bidang yang digeluti oleh para maestro seni budaya, namun juga diajarkan tentang cara hidup sebagai seorang seniman. Selama 12 hari, peserta akan tinggal langsung di rumah para maestro dan hidup layaknya seorang seniman.

TINGGALKAN KOMENTAR