Warga Negara Asing Senang Bertutur Bahasa Indonesia

0
315
Bahasa Indonesia

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berkerjasama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI menyelenggarakan Lomba Pidato dan Dongeng Bahasa Indonesia bagi Warga Negara Asing (WNA) di 18 negara. Kegiatan tahunan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 tahun 2017. 3 orang pemenang dari masing-masing negara akan diundang ke Indonesia selama 1 minggu untuk belajar dan semakin mengenal Indonesia.j

Natalia, salah satu pemenang dari Rusia mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia.

“Saya sudah mempelajari Bahasa Indonesia selama 3 tahun. Awalnya sangat sulit untuk melafalkan kosakata dan struktur kalimat dalam Bahasa Indonesia, karena sangat berbeda dengan Bahasa Rusia. Ditambah lagi di Rusia menggunakan huruf Sinkrilik yang berbeda dengan huruf latin. Namun saya justru semakin tertantang dan semakin cinta dengan Bahasa Indonesia,” tutur Natalia dalam Bahasa Indonesia yang fasih.

Berbeda hal dengan Ibrahim Said, salah satu pemenang asal Mesir. Baginya tidak ada kesulitan berarti dalam mempelajari Bahasa Indonesia bagi penutur warga Mesir.

“Bahasa Indonesia ternyata sangat mudah bagi kami (masyarakat Mesir). Kosakata kami lebih banyak dibandingkan Bahasa Indonesia, dan struktur kata kami mirip dengan Bahasa Indonesia. Jadi saya tidak mengalami kesulitan berarti dalam bertutur menggunakan Bahasa Indonesia,” ungkap Ibrahim.

Sebanyak 50 pemenang dari 18 negara yang memiliki Atdikbud RI diundang dalam kegiatan Apresiasi Pemenang Lomba dan Dongeng Bahasa Indonesia 2017. Tidak hanya mahir pidato dan mendongeng, para pemenang lomba juga ditantang untuk berdebat dalam Bahasa Indonesia dan mengikuti Uji Kompetensi Bahasa Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Fairmount Jakarta, 14 Agustus 2017.

Selama berada di Indonesia, 14 – 21 Agustus 2017, para pemenang akan mengunjungi dan belajar kebudayaan Indonesia di beberapa tempat, seperti di Taman Mini Indonesia Indah, Museum Nasional, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan juga mengunjungi Pulau Bali. Selain itu, para pemenang turut diundang dalam Perayaan Upacara 17 Agustus 2017 di Istana Negara RI, Jakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR